1. Apa itu aplikasi Action?

Aplikasi Action (Aceh Transaksi Online) adalah Mobile Banking milik PT. Bank Aceh Syariah yang dapat diakses oleh Nasabah melalui smartphone untuk bertransaksi dengan menggunakan media jaringan internet atau paket data.

2. Apakah saya bisa melakukan Registrasi aplikasi Action tanpa harus datang ke Kantor Bank Aceh?

Ya bisa, dengan cara download aplikasi Action, pada App Store (iOS) dan Play Store (android) dan menginput data perbankan (no handphone, no kartu ATM, dan no Handphone) sesuai data yang ada pada sistem Bank Aceh.

3. Fitur apa saja yang terdapat pada Aplikasi Action?

Fitur yang terdapat pada Action:

4. Apa itu fitur login dengan menggunakan biometrik? Bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut?

Fitur login dengan menggunakan biometrik merupakan salah satu teknologi keamanan untuk dapat masuk kedalam aplikasi Action menggunakan finger print/ touch ID, iris scan, dan face recognition/ face ID. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan sensor pemindai pada smartphone Anda harus diaktifkan terlebih dahulu.

5. Saya adalah Nasabah Bank Aceh, bagaimanakah cara saya melakukan Registrasi di Action?

Anda dapat mengunduh aplikasi Action pada Play Store atau App Store, di field pencarian masukkan kata kunci “Bank Aceh Mobile”.
- Setelah proses instalasi selesai, klik aplikasi “Bank Aceh Mobile”, Pilih “Daftar”, lalu centang syarat dan ketentuan bahwa Anda menyetujui segala persyaratan yang diberikan oleh Bank Aceh.
- Lalu isi data perbankan Anda seperti “No Handphone”, “No kartu ATM”, dan “PIN ATM” (pastikan email aktif Anda sudah terdaftar di Bank Aceh).
- Selanjutnya Anda akan menerima SMS kode OTP sebagai verifikasi bahwa Anda melakukan registrasi Action.
- Setelah input kode OTP sukses, aplikasi akan menampilkan halaman untuk membuat username dan password, selanjutnya dilakukan pembuatan MPIN dengan memasukkan 6 digit MPIN Anda, ulangi masukkan 6 digit MPIN, dan proses registrasi selesai.
- Gunakan username dan password untuk login ke dalam Action.

6. Apa itu username?

Username adalah serangkaian huruf dan angka yang merupakan tanda pengenal untuk masuk dan mengakses Aplikasi Action yang terdiri dari huruf dan angka tanpa spasi dan minimal 8 karakter dan maksimal 25 karakter.

7. Apa itu password?

Password adalah suatu bentuk dari data otentikasi rahasia yang digunakan untuk mengontrol akses ke dalam Aplikasi Action yang terdiri dari angka dan huruf minimal 8 karakter dan maksimal 25 karakter.

8. Apa itu MPIN?

MPIN atau Mobile Personal Identification Number adalah merupakan 6 digit angka yang dibuat oleh Nasabah saat mendaftar layanan transaksi finansial di Aplikasi Action. MPIN ini diperlukan sebagai otorisasi pada saat Nasabah melakukan approval transaksi di Action. MPIN tidak boleh diketahui oleh orang lain termasuk pihak Bank Aceh. Jika nasabah salah memasukkan MPIN sebanyak 3x maka MPIN akan terblokir.

9. Berapa limit transaksi Action?

- Untuk limit maksimal akumulasi per hari Rp 25.000.000,-
- Limit maksimal per transaksi Rp 10.000.000,-.
- Limit minimal per transaksi Rp 1.000,-

10. Jika pulsa saya habis, apakah saya masih bisa menggunakan Action untuk aktivitas transaksi saya?

Bisa, karena Action tidak memotong pulsa melainkan menggunakan koneksi internet Anda.

11. Tipe smartphone dan OS apa yang dapat di-install Action?

Aplikasi Action dapat di-install di semua tipe smartphone berbasis sistem operasi Android (min. versi 7.0) dan iOS (min. versi 11.0).

12. Saat saya melakukan registrasi pada Action, namun tidak menerima SMS kode OTP. Apa yang harus saya lakukan?

Jika belum menerima SMS kode OTP, maka Anda harus memastikan bahwa No Handphone anda dalam keadaan aktif dan sinyal operator tidak mengalami gangguan untuk menerima SMS.

13. Jika saya mengalami gagal transaksi transfer, bayar, dan beli. Apa yang harus saya lakukan?

Anda dapat melaporkan kronologis kejadian tersebut ke Contact Center Bank Aceh baik dengan menghubungi No Telepon Contact Center 1500845 ataupun email contactcenter@bankaceh.co.id. Anda perlu mempersiapkan data-data seperti No Handphone, username, tanggal dan waktu kejadian, dan keterangan kronologis singkat.

14. Jenis Rekening apa saja yang dapat melakukan registrasi Action?

Jenis Rekening yang dapat didaftarkan di Action adalah:
- Tabungan Aneka Guna
- Tabungan Simpeda
- Tabungan Seulanga
- Tabungan Firdaus iB
- Tabungan Aneka Guna iB Wadiah
- Tabungan Aneka Guna iB
- Tabungan Simpeda iB
- Tabungan Seulanga ib
- Giro Amanah iB Perorangan (Pribumi)
- Giro Amanah iB Perorangan (Non Pribumi)
- Giro Perorangan (Pribumi)
- Giro perorangan (non pribumi)

15. Jenis Rekening apa saja yang tidak dapat melakukan registrasi Action?

Jenis Rekening yang tidak dapat didaftarkan di Action adalah:
- Tabunganku
- Tabungan Simpel
- Tabungan Pensiun
- Tabungan Haji

16. Bagaimana jika saya lupa Password atau Password terblokir?

Anda bisa mendapatkan kembali password dengan memilih menu “Lupa Password/Lupa MPIN” pada halaman Login. Kemudian pilih tombol “Lupa Password”, lalu input data yang diminta yaitu “No Handphone”, “No kartu ATM”, dan “PIN ATM”. Jika data yang Anda input benar, Anda akan menerima SMS kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut pada aplikasi Action, lalu masukkan password baru Anda.

17. Bagaimana jika saya lupa MPIN atau MPIN terblokir?

Anda bisa mendapatkan kembali MPIN dengan memilih menu “Lupa Password/Lupa MPIN” pada halaman Login. Kemudian pilih tombol “Lupa MPIN”, lalu input data yang diminta yaitu “No Handphone”, “No kartu ATM”, dan “PIN ATM”. Jika data yang Anda input benar, Anda akan menerima SMS kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut pada aplikasi Action, lalu masukkan MPIN baru Anda.

18. Bagaimana jika saya lupa Username Action?

Anda dapat menghubungi Contact Center 1500845 atau datang ke Kantor Bank Aceh terdekat dengan membawa tanda pengenal yang berlaku dan bukti kepemilikan rekening.

19. Bagaimana menambahkan rekening lain dalam Aplikasi Action?

- Yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu,
- Pilih menu “Rekeningku” pada halaman utama,
- Pilih “Pengaturan Rekening”,
- Klik tombol “Tambah Rekening”,
- Masukkan No Rekening Anda dan tekan tombol “Tambah Rekening”.
- Action akan melakukan verifikasi dengan meminta memasukkan 6 digit MPIN Anda.
- Setelah berhasil verifikasi, Action akan menambahkan Rekening tersebut pada daftar rekeningku.

20. Apa yang harus saya lakukan jika telah mengganti nomor handphone yang telah terhubung dengan Action?

Anda dapat mengunjungi kantor Bank Aceh terdekat untuk dilakukan pengkinian data perbankan.

21. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengganti device handphone?

Selama No Handphone yang Anda gunakan tidak berubah, Anda hanya perlu melakukan Instalasi Action kembali, lalu Login dengan memasukkan data perbankan Anda sesuai yang diminta pada aplikasi Action.