A. DEFINISI

1. Apa itu aplikasi ACTION Mobile?

Aplikasi ACTION Mobile adalah layanan Mobile Banking milik PT. Bank Aceh Syariah yang dapat diakses oleh Nasabah melalui Smartphone untuk bertransaksi dengan menggunakan media jaringan internet atau paket data. Action sendiri adalah singkatan dari Aceh Transaksi Online.

2. Apakah saya bisa melakukan Registrasi ACTION Mobile tanpa harus datang ke Kantor Bank Aceh?

Ya bisa, dengan cara download aplikasi ACTION Mobile pada Play Store (Android) dan menginput data perbankan (no handphone, e-Mail, no kartu ATM, dan data lainnya) sesuai data yang ada pada sistem Bank Aceh.

3. Fitur apa saja yang terdapat pada Aplikasi ACTION Mobile?

Fitur yang terdapat pada ACTION Mobile :

4. Bagaimana melihat versi aplikasi ACTION Mobile?

Pada Halaman Login, perhatikan pada bagian paling bawah, terdapat informasi versi dari aplikasi ACTION Mobile yang digunakan. Standarnya tertulis "Version x.x.x".

5. Tipe HP/Smarphone dengan Sistem Operasi (OS) apa yang dapat di-install  ACTION Mobile?

Aplikasi ACTION Mobile dapat di-install di semua tipe Smartphone berbasis sistem operasi Android (min. versi 7.0 atau versi di atasnya ) dan iOS (min. versi 12.0 atau versi di atasnya).


B. REGISTRASI & LOGIN

1. Saya adalah Nasabah Bank Aceh, bagaimanakah cara saya melakukan Registrasi di ACTION Mobile?

Anda dapat mengunduh aplikasi ACTION Mobile pada Play Store, di-field pencarian masukkan kata kunci "ACTION Mobile".

Setelah proses instalasi selesai, klik aplikasi "ACTION Mobile", pilih "Daftar", lalu centang syarat dan ketentuan bahwa Anda menyetujui segala persyaratan yang diberikan oleh Bank Aceh.

Lalu isi data perbankan Anda seperti "No Handphone", "e-Mail", "No kartu ATM", dan "PIN ATM" (pastikan No Handphone dan e-Mail aktif Anda sudah terdaftar di Bank Aceh).

Selanjutnya Anda akan menerima SMS kode OTP sebagai verifikasi bahwa Anda melakukan registrasi ACTION Mobile.

Setelah input kode OTP sukses, aplikasi akan menampilkan halaman untuk membuat username dan password, selanjutnya dilakukan pembuatan MPIN dengan memasukkan 6 digit MPIN Anda, ulangi masukkan 6 digit MPIN, dan proses registrasi selesai.

Gunakan username dan password untuk login ke dalam ACTION Mobile.

2. Apa itu SMS OTP? Apa saja yang dikirimkan oleh SMS OTP?

SMS OTP atau One Time Password adalah kode unik yang aktif dengan durasi singkat terdiri dari 6 digit yang dikirim melalui SMS ke no Handphone pengguna yang sudah terdaftar pada sistem Bank. Kode OTP ini digunakan oleh pengguna secara pribadi pada saat melakukan verifikasi data nasabah (data challenge) pada aplikasi ACTION Mobile. Verifikasi data pengguna ini akan terjadi saat melakukan aktifitas :

3. Apa itu username?

Username adalah serangkaian huruf dan angka yang merupakan tanda pengenal untuk masuk dan mengakses Aplikasi Action yang terdiri dari huruf dan angka tanpa spasi dan minimal 8 karakter dan maksimal 25 karakter.

4. Apa itu password?

Password adalah suatu bentuk dari data otentikasi rahasia yang digunakan untuk mengontrol akses ke dalam Aplikasi ACTION Mobile yang terdiri dari angka dan huruf minimal 8 karakter dan maksimal 25 karakter.

5. Apa itu MPIN?

MPIN atau Mobile Personal Identification Number adalah merupakan 6 digit angka yang dibuat oleh Nasabah saat mendaftar layanan transaksi finansial di Aplikasi ACTION Mobile. MPIN ini diperlukan sebagai otorisasi pada saat Nasabah melakukan approval transaksi di ACTION Mobile. MPIN tidak boleh diketahui oleh orang lain termasuk pihak Bank Aceh. Jika nasabah salah memasukkan MPIN sebanyak 3x maka MPIN akan terblokir.

6. Saat saya melakukan registrasi pada ACTION Mobile, namun tidak menerima SMS kode OTP, apa yang harus saya lakukan?

Pastikan bahwa No Handphone Anda sudah terdaftar pada Bank dan dalam keadaan aktif serta sinyal operator tidak mengalami gangguan untuk menerima SMS.

7. Jenis Rekening apa saja yang dapat melakukan registrasi ACTION Mobile?

Jenis Rekening yang dapat didaftarkan di ACTION Mobile adalah:

8. Jenis Rekening apa saja yang tidak dapat melakukan registrasi ACTION Mobile?

Jenis Rekening yang tidak dapat didaftarkan di ACTION Mobile adalah:

9. Apa itu fitur login dengan menggunakan Biometrik? Bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut?

Fitur login dengan menggunakan biometrik merupakan salah satu teknologi keamanan untuk dapat masuk kedalam aplikasi Action menggunakan Finger Print / Touch ID, Iris Scan, dan face recognition / Face ID. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan sensor pemindai pada Smartphone Anda harus diaktifkan terlebih dahulu lalu pada aplikasi ACTION Mobile lakukan atur biometric dengan mengaktifkan Biometrik di Menu "Lainnya".


C. FITUR & TRANSAKSI

1. Berapa limit transaksi dan biaya transaksi pada ACTION Mobile?

a. Transfer Sesama Bank Aceh

b. Transfer Antar Bank Online

c. Transfer Antar Bank via BI-Fast

d. Transfer Antar Bank via SKN

e. Transfer Antar Bank via RTGS

f. Pembayaran/ Pembelian dengan QRIS

2. Bagaimana menggunakan fitur Jadwal Sholat dan Arah Kiblat?

Anda harus login terlebih dahulu, lalu pada halaman utama klik logo "Jadwal Sholat" dan Arah Kiblat, pastikan mode GPS Anda sudah dalam keadaan aktif.

3. Bagaimana cara melakukan transfer/pemindahan dana ke sesama rekening Bank Aceh?

Yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi transfer bisa juga dilakukan dengan memilih tujuan transfer yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

4. Bagaimana melakukan transfer/pemindahan dana ke rekening Bank lain (antar Bank) via online (jaringan ATMB)?

Yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi transfer bisa juga dilakukan dengan memilih tujuan transfer yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

5. Bagaimana melakukan transfer/pemindahan dana ke rekening Bank lain (antar Bank) via SKN?

Yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan :

6. Bagaimana melakukan transfer/pemindahan dana ke rekening Bank lain (antar Bank) via RTGS?

Yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan :

7. Bagaimana melakukan transfer/pemindahan dana ke rekening Bank lain (antar Bank) via BI-Fast?

Yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan :

8. Bagaimana melakukan Top Up e-Wallet Link Aja, Gopay, OVO?

Yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan :

9. Bagaimana melakukan Top-Up, Info Saldo, dan Update Saldo PengCard?

Info Saldo dapat dilakukan sebelum dan setelah Login Aplikasi ACTION Mobile dengan meng-tap PengCard pada area NFC.

Untuk Melakukan Top-Up Pengcard yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Setelah Proses Top Up Berhasil, Lalu lakukan proses Update saldo Pengcard.
Catatan : Transaksi Top Up bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

10. Bagaimana melakukan Pembelian/Pembayaran Listrik?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit.

11. Bagaimana melakukan Pembelian Pulsa Telepon?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

12. Bagaimana melakukan Pembayaran Tagihan Telepon?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

13. Bagaimana melakukan Pembayaran Tagihan Telepon Rumah (PSTN)?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

14. Bagaimana melakukan Pembayaran tagihan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan :

15. Bagaimana melakukan Pembelian Paket Data Internet?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

16. Bagaimana melakukan Pembayaran Iuran Asuransi BPJS Kesehatan?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

17. Bagaimana melakukan Pembayaran Tiket Pesawat?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

18. Bagaimana melakukan Pembayaran Tiket Kereta?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

19. Bagaimana melakukan Pembayaran TV Berlangganan  MNC Vision?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

20. Bagaimana melakukan Pembayaran TV Berlangganan  Transvision?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

21. Bagaimana melakukan Pembayaran TV Berlangganan Indihome/Usee TV?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

22. Bagaimana melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Samsat) Aceh?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan :

23. Bagaimana menggunakan fitur layanan eSetor Pemkot Banda Aceh?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu : Catatan:

24. Bagaimana melakukan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu : Catatan :

25. Bagaimana melakukan Pembayaran Biaya Pendidikan?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu : Catatan :

26. Bagaimana menyalurkan Zakat melalui ACTION Mobile?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan : Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

27. Bagaimana menyalurkan Infaq melalui ACTION Mobile?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan: Transaksi bisa juga dilakukan dengan memilih data yang sudah tersimpan di "Daftar Favorit".

28. Bagaimana mendapatkan e-Statement (Riwayat Transaksi per bulan)?

Yang harus Anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

Catatan :

29. Bagaimana melihat Informasi Terkini?

Yang harus Anda lakukan adalah login terlebih dahulu, lalu :

30. Apakah Message Notification (Push Notification)?

Push Notification adalah informasi pop-up yang muncul pada perangkat pengguna yang meng-install aplikasi ACTION Mobile. Informasi pada Push Notification ini juga tersedia di bagian informasi terkini.

31. Bagaimana menambahkan rekening lain dalam Aplikasi ACTION Mobile?

Yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu, lalu :

32. Bagaimana cara menyimpan transaksi yang ingin dijadikan favorit?

Setelah menyelesaikan proses transaksi hingga menampilkan resi transaksi berhasil, Anda dapat memilih menyimpan transaksi menjadi transakti favorit dengan memilih menu "Simpan ke Favorit" di resi transaksi yang terletak di bagian bawah resi transaksi).


D. GANTI/LUPA PASSWORD & MPIN

1. Bagaimana jika saya Lupa Username?

Anda bisa mendapatkan kembali username dengan memilih menu "Lupa Password/MPIN/Username" pada halaman Login. Kemudian pilih tombol "Lupa Username", lalu input data yang diminta yaitu No Handphone, emailNo kartu ATM, dan PIN ATM.

Jika data yang Anda input benar, Anda akan menerima SMS kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut pada aplikasi ACTION Mobile. Kemudian sistem akan mengirimkan username Anda melalui email Anda yang terdaftar di sistem Bank Aceh. Silakan gunakan username tersebut untuk dapat mengakses kembali aplikasi ACTION Mobile.

2. Bagaimana jika saya lupa Password atau Password terblokir?

Anda bisa mendapatkan kembali password dengan memilih menu "Lupa Password/MPIN/Username" pada halaman Login. Kemudian pilih tombol "Lupa Password", lalu input data yang diminta yaitu No Handphone, emailNo kartu ATM, dan PIN ATM.

Jika data yang Anda input benar, Anda akan menerima SMS kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut pada aplikasi ACTION Mobile, lalu masukkan password baru Anda.

3. Bagaimana jika saya lupa MPIN atau MPIN terblokir?

Anda bisa mendapatkan kembali MPIN dengan memilih menu "Lupa Password/MPIN/Username" pada halaman Login. Kemudian pilih tombol "Lupa MPIN", lalu input data yang diminta yaitu No Handphone, emailNo kartu ATM, dan PIN ATM.

Jika data yang Anda input benar, Anda akan menerima SMS kode OTP. Masukkan kode OTP tersebut pada aplikasi ACTION Mobile, lalu masukkan MPIN baru Anda.


E. LAIN-LAIN

1. Jika saya mengalami gagal transaksi transfer, pembayaran, dan pembelian, apa yang harus saya lakukan?

Anda dapat melaporkan kronologis kejadian tersebut ke Contact Center Bank Aceh baik dengan menghubungi No Telepon Contact Center 1500845 ataupun email contactcenter@bankaceh.co.id.

Anda perlu mempersiapkan data-data seperti No Handphone, username, tanggal dan waktu kejadian, dan keterangan kronologis singkat. Atau bisa juga ke customer service di kantor Bank Aceh terdekat.

2. Jika pulsa saya habis, apakah saya masih bisa menggunakan ACTION Mobile untuk aktivitas transaksi saya?

Bisa, karena ACTION Mobile tidak memotong pulsa melainkan menggunakan koneksi internet.

3. Apa yang harus saya lakukan jika telah mengganti nomor handphone yang telah terhubung dengan ACTION Mobile?

Silahkan kunjungi kantor Bank Aceh terdekat dengan membawa buku tabungan, e-KTP, dan kartu ATM untuk dilakukan pengkinian data nomor handphone.

4. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengganti device/perangkat handphone?

Selama No Handphone yang Anda gunakan tidak berubah, Anda hanya perlu melakukan Instalasi ACTION Mobile kembali, lalu Login dengan memasukkan data perbankan Anda sesuai yang diminta pada aplikasi ACTION Mobile.